Spesifikasi Umum Jalan 2018: Revisi 01

Spesifikasi Umum Jalan yang merupakan spesifikasi pekerjaan jalan yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga pada tahun 2018 mengalami perubahan atau revisi. Artikel sebelumnya perihal Spesifikasi Jalan 2018 dapat dilihat pada post dengan judul Spesifikasi Umum Jalan 2018. Perubahan ini sehubungan dengan perkembangan teknologi bidang jalan dan jembatan dan dalam rangka memperjelas acuan dalam pengukuran dan pembayaran pada beberapa Seksi pada Divisi 5 dan 6.

Perubahan pertama Spesifikasi Umum Jalan 2018 ini disampaikan melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Marga No. 06//SE/Db/2019 tentang Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan (Revisi 1). Berikut ini merupakan link download Surat Edaran dan Spesifikasi Umum Jalan 2018 Revisi 01.

SE Dirjen BM No. 06/SE/Db/2019 tentang Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan (Revisi 1)

Secara singkatnya dalam SE tersebut dinyatakan bahwa maksud dilakukan perubahan agar dilakukan sebagai acuan penerimaan, pengukuran dan pembayaran hasil pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan. Sedangkan, tujuan Surat Edaran adalah untuk menyeragamkan tata cara pelaksanaan pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan agar kualitas pekerjaan dapat terkendali.

Lingkup perubahan adalah terhadap syarat-syarat penerimaan, pengukuran dan pembayaran hasil pekerjaan untuk beberapa seksi pada Divisi 5 dan 6 Spesifikasi Umum 2018 sebagai berikut:

  1. Divisi 5 Perkerasan Berbutir dan Perkerasan Beton Semen
    • Seksi 5.1 Lapis Fondasi Agregat
    • Seksi 5.2 Perkerasan Berbutir Tanpa Penutup Aspal
    • Seksi 5.3 Perkerasan Beton Semen
    • Seksi 5.4 Stabilisasi Tanah
    • Seksi 5.5 Lapis Fondasi Agregat Semen (CTB dan CTSB)
  2. Divisi 6 Perkerasan Aspal
    • Seksi 6.3 Campuran Beraspal Panas
    • Seksi 6.4 Campuran Beraspal Hangat Bergradasi Menerus (Laston Hangat)
    • Seksi 6.5 Campuran Beraspal Panas dengan Asbuton
    • Seksi 6.6 Asbuton Campuran Panas Hampar Dingin

Demikian posting artikel singkat perihal perubahan Spesifikasi Umum Bina Marga 2018. Semoga bermanfaat.

Sukses untuk Anda.

SintaPosmaria.blog

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.