Menyusun Spesifikasi

Hari Rabu ini, tanggal 30 Januari 2019, saya kembali mendapat kesempatan menjadi fasilitator online course melalui webinar yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN), setelah sebelumnya pada akhir tahun lalu menjadi orang pertama di Indonesia menjadi fasilitator online course Bidang Pengadaan Barang/Jasa pada Lembaga yang sama dengan tema “Menyusun Rancangan Kontrak Konstruksi“.

Pada kali online course ini, adalah juga yang pertama kali di-launching pada Program Pelatihan dan Uji Kompetensi Sertifikasi Manajemen Kontrak (Certified Contract Management Specialist). Pelatihan ini menggunakan materi dan modul yang sudah ada dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP) yaitu SKKNI Pengadaan Barang/Jasa. Pelatihan ini meliputi 15 (lima belas) Unit Kompetensi, yaitu unit-unit kompetensi berikut ini:

  1. UK 05 – Menyusun Spesifikasi
  2. UK 06 – Menyusun Harga Perkiraan
  3. UK 09 – Menyusun Rancangan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
  4. UK 12 – Melakukan Evaluasi Kinerja Penyedia Barang/Jasa
  5. UK 16 – Melakukan Negosiasi
  6. UK 17 – Melakukan Finalisasi Dokumen Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
  7. UK 18 – Membentuk Tim Pengelolaan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
  8. UK 19 – Menyusun Rencana Pengelolaan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
  9. UK 20 – Mengendalikan Pelaksanaan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
  10. UK 21 – Menyelesaikan Permasalahan Kontrak Pengadaan Barang/Jasa
  11. UK 22 – Melakukan Penerimaan Hasil Pengadaan Pengadaan Barang/Jasa
  12. UK 23 – Melakukan Persiapan Pengadaan Barang/Jasa secara Swakelola
  13. UK 24 – Melakukan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa secara Swakelola
  14. UK 28 – Mengelola Kinerja
  15. UK 29 – Mengelola Risiko

Sesi webinar hari ini bertema Menyusun Spesifikasi Teknis. Merupakan salah satu tahap yang harus dilalui pengguna ketika melakukan pengadaan, pada siklus pengadaan di Perencanaan Pengadaan. Ketika merencanakan pengadaan, kebutuhan dan/atau keinginan dari end user haras sudah diuraikan ke dalam tatanan yang lebih rinci yang disebut Spesifikasi. Sebelum produk spesifikasi itu ada, maka perlu pengguna mengidentifikasi kebutuhan kemudian mengumpulkan persyaratan-persyaratannya dan pihak-pihak yang membutuhkannya agar dapat menyusun spesifikasi yang mencerminkan kebutuhan dan/atau keinginan end user.

E-Book 5 KUNCI SUKSES MENGAJAR. Dapatkan Segera!!!

Materi Menyusun Spesifikasi Teknis ini bersumber dari Materi SKKNI PBJ UK 05 Menyusun Spesifikasi Teknis, yang mana penulis telah melakukan recite dan review materi Modul ini ke dalam bentuk mindmap agar memudahkan penulis untuk kembali mengingat di kemudian hari apa-apa saja yang disampaikan pada modul tersebut. Mindmap modul Menyusun Spesifikasi Teknis ini dibagi menjadi tiga bagian sesuai dengan modul tersebut. Mindmap pertama adalah tentang Pengertian Spesifikasi, kedua adalah Mendesripsikan Spesifikasi dan yang terakhir adalah mindmap Analisis Kesesuaian Spesifikasi.

Secara ringkas, modul Menyusun Spesifikasi Teknis berbicara tentang bagaimana melaksanakan kegiata penyusunan spesifikasi pada Pengadaan Barang/Jasa sehingga diharapkan pada akhir kursus peserta data menyusun spesifikasi dan menganalisis kesesuaian spesifikasi yang dipergunakan saat Kaji ulang spesifikasi. Nah untuk Menyusun Spesifikasi Teknis ini dibutuhkan pengetahuan perihal Pengertian Spesifikasi baik definisi dan hal-hal perlu diperhatikan dalam penyusunan spesifikasi. Setelah memahami  dasar spesifikasi, dalam menyusun spesifikasi diperlukan langkah Mendeskripsikan Spesifikasi yang terdiri dari aspek mutu, jumlah dan waktu, tingkat layanan dan informasi lain yang perlu. Kemudian deskripsi spesifikasi yang sudah disusun, mungkin perlu dikaji ulang. Oleh karena itu, perlu Analisis Kesesuaian Spesifikasi yang berdasarkan Kebutuhan, Ketentuan dan Kondisi Terkininya spesifikasi yang telah disusun tersebut.

Berikut ini adalah sharing penulis untuk mindmap tersebut di atas.

Mindmap Pengertian Spesifikasi

 

 

Mindmap Mendeskripsikan Spesifikasi

 

Mindmap Analisis Kesesuaian Spesifikasi

Seperti pada umumnya mindmap yang dalam susunannya untuk satu topik atau permasalahan bagi setiap orang kemungkinan berbeda, sama halnya dengan mindmap saat ini, bukan mencerminkan yang paling baik untuk mereview ulang buku modul tersebut, namun hanya ingin membantu pengertian terhadap topik Menyusun Spesifikasi Teknis.

Demikian uraian singkat perihal Menyusun Spesifikasi Teknis, semoga dapat membantu pengertian perihal Spesifikasi dengan melalui mindmap yang penulis share.

 

Semoga bermanfaat.

 

SintaPosmaria.blog

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.