Evaluasi Kualifikasi: SBU Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konsultan Konstruksi

Sehubungan dengan terbitnya Surat Edaran Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR No. 595/SE/DK/2018 tentang Tata Cara Evaluasi Sertifikat Badan Usaha (SBU) dalam Pelaksanaan Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konsultansi Konstruksi di Kementerian PUPR, yang diterbitkan tanggal 5 Juli 2018, semakin jelas dan tegas bagaimana cara mengevaluasi SBU yang sering dipertanyakan baik oleh Pokja ULP dan PPK di lingkungan Kementerian PUPR dan instansi dibawah pembinaan Kementerian PUPR.

Secara ringkas, Surat Edaran tersebut di atas dapat dijabarkan sebagai berikut:

  • Penegasan bahwa yang dapat mengikuti tender adalah penyedia yang terdaftar dalam Sistem Informasi Jasa Konstruksi (SIKI) LPJKN pada web lpjk.net
  • Masa berlaku SBU adalah masa berlaku yang tertera pada sertifikat tanpa memperhatikan registrasi tahunan. Permasalahan ini sering sekali menjadi pertentangan di antara penyedia, sehingga sering menjadi bahan sanggahan penyedia. Dengan ketentuan ini semakin memperjelas baik dari pihak pengguna dan penyedia sehingga tidak menjadi bahan pertentangan dikemudian hari.
  • Untuk tender prakualifikasi, SBU yang masa berlakunya habis sebelum batas akhir pemasukan dokumen prakualifikasi dinyatakan gugur.
  • Untuk tender pascakualifikasi, SBU yang masa berlakunya habis sebelum batas akhir pemasukan dokumen penawaran dinyatakan gugur.
  • Jika SBU habis masa lakunya setelah batas akhir pemasukan dokumen prakualifikasi (tender dengan prakualifikasi), atau setelah batas akhir pemasukan dokumen penawaran (tender dengan pascakualifikasi), maka:
    • Sebelum Kontrak ditandatangani, harus dipastikan Isian Kualifikasi masih berlaku
    • SBU yang telah diperpanjang harus diserahkan sebelum masa penawaran berakhir.

Berikut adalah SE Dirjen Bina Konstruksi Nomor 595/SE/DK/2018 tentang Tata Cara Evaluasi Sertifikat Badan Usaha (SBU) dalam Pelaksanaan Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konsultansi Konstruksi di Kementerian PUPR:

 

 

Semoga bermanfaat.

 

Salam PBJ!

SintaPosmaria.blog

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.